TATA NIAGA (PEMASARAN)

Program Keahlian yang ke tiga di SMK N 1 Purwojati adalah Tata Niaga dengan Program Studi Pemasaran / penjualan.  Jurusan ini juga mempunyai daya tampung masing-masing tingkat paralel 2 rombongan belajar dengan jumlah siswa 32 anak per rombel.

1. KEGIATAN JURUSAN PEMASARAN

Walaupun masih dibilang usia dini dari sekolah ini, program studi pemasaran telah dengan confidence nya memberanikan diri untuk ikut tampil di kancah Lomba Kompetensi tingkat kabupaten,  bersaing dengan sekolah-sekolah yang notabene telah dewasa dan mapan.  Keberanian dan semangat nya lah patut kita berikan epresiasi bagi anak-anak.

Latihan Ketrampilan melalui KBM

a. Melakukan Display Produk

  

b. Menggunakan peralatan pendukung pemasaran

     

c. Berlatih di usaha riil / toko retail

    

d. Menerapkan transaksi dengan peralatan digital

   

2. Kurikulum

Kurikulum yang dilaksanakan  adalah KTSP SMK N 1 Purwojati dengan mengacu spektrum 2008 dengan SKKD sebagai berikut :

BIDANG KEAHLIAN                       :     BISNIS DAN MANAJEMEN

PROGRAM STUDI KEAHLIAN     :     TATA NIAGA

KOMPETENSI KEAHLIAN             :     PEMASARAN (121)

A.  DASAR KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

1.        Menerapkan prinsip profesional bekerja 1.1        Mengidentifikasi sektor dan tanggung jawab industri1.2        Menerapkan pedoman, prosedur, dan aturan kerja1.3        Mengelola informasi

1.4        Merencanakan pekerjaan dengan mempertimbangkan waktu dan sumber daya

1.5        Mengelola kompetensi personal

2.        Melaksanakan komunikasi bisnis 2.1        Mengidentifikasi penerima pesan2.2        Membuat pesan bisnis2.3        Menggunakan media komunikasi yang tersedia

2.4        Melaksanakan komunikasi bisnis

3.        Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH) 3.1        Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)3.2        Melaksanakan prosedur K33.3        Menerapkan konsep lingkungan hidup

3.4        Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

4. 4.    Menerapkan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup (K3LH) 4.1          Mendeskripsikan keselamatan dan kesehatan kerja (K3)4.2          Melaksanakan prosedur K34.3          Menerapkan konsep lingkungan hidup

4.4     Menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan.

B.  KOMPETENSI KEJURUAN

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

1.        Memahami prinsip- prinsip bisnis 1.1        Mendeskripsikan prinsip-prinsip bisnis dan dasar hukum bisnis1.2        Mengidentifikasi hukum paten, hukum merek, dan hukum hak cipta di Indonesia1.3        Mengidentifikasi hukum perlindungan konsumen

1.4        Mengidentifikasi larangan praktik monopoli

1.5        Mengidentifikasi peraturan hukum dagang

1.6        Memahami etika bisnis

2.        Menata produk 2.1        Mendeskripsikan perencanaan visual penataan produk2.2        Menata displayproduk2.3        Menjaga display produk agar tetap sesuai dengan standar perusahaan dan perencanaan
3.        Melaksanakan negosiasi 3.1        Memberikan tangapan terhadap keberatan dari calon pelanggan3.2        Melakukan proses tawar-menawar dengan calon pelanggan3.3        Memotivasi keyakinan calon pelanggan
4.        Melaksanakan konfirmasi keputusan pelanggan 4.1        Mengidentifikasi sinyal-sinyal dari calon pelanggan4.2        Membuat konfirmasi keputusan calon pelanggan
5.        Melaksanakan proses administrasi transaksi 5.1        Mendeskripsikan berkas-berkas administrasi5.2        Mendeskripsikan transaksi

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

1.        Melakukan penyerahan/ pengiriman produk 6.1        Menyiapkan barang yang akan diserahkan/dikirim6.2        Melakukan proses penyerahan produk yang dibeli pelanggan
2.        Melaksanakan penagihan pembayaran 7.1        Mengidentifikasi klausul-klausul perjanjian7.2        Melakukan kontak dengan pelanggan7.3        Melakukan proses penagihan pembayaran
3.        Mengoperasikan peralatan transaksi di lokasi penjualan 8.1        Mengoperasikan alat komunikasi8.2        Mengoperasikan alat hitung8.3        Mengoperasikan mesin pembayaran baik tunai maupun non tunai

8.4        Menyiapkan dan mengoperasikan alat ukur

8.5        Menyiapkan dan mengoperasikan alat bantu verifikasi

4.        Menemukan peluang baru dari pelanggan 9.1        Menganalisis hubungan dengan pelanggan9.2        Menawarkan produk lain yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan9.3        Menindaklanjuti permintaan lain dari pelanggan
5.        Melaksanakan pelayanan prima (service excellent) 10.1    Melaksanakan standar penampilan pribadi10.2    Menerapkan prinsip-prinsip pelayanan prima/service excellent10.3    Memberikan bantuan kepada pelanggan

10.4    Melakukan komunikasi dengan pelanggan

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR

WAKTU

1.        Membuka usaha eceran/ritel (expansion store opening) 11.1    Mengidentifikasi dasar bisnis ritel11.2    Membedakan klasifikasi dan diferensiasi bisnis ritel11.3    Menjelaskan distribusi dalam bisnis ritel

11.4    Melakukan riset pemasaran dalam bisnis ritel

2.        Melakukan pemasaran barang dan Jasa 12.1    Mengidentifikasi segmentasi pasar12.2    Menyusun rencana pencapaian target pasar12.3    Menyusun rencana pemasaran

12.4    Menerapkan prinsip prinsip marketing mix

12.5    Menerapkan sistem informasi dan teknologi penjualan

12.6    Menghitung PPn, PPh, PPn BM dan Bea Materai

12.7    Menerapkan aturan pokok hukum pertanggungan (asuransi).

Responses

  1. wah,,, luar biasa, tingkatkan terus prestasinya…

  2. Saya salut

  3. TERIMA KASIH ATENSINYA…..BERI MASUKAN UNTUK PERKEMBANGAN KE DEPAN

  4. Sukses selalu untuk SMK Negeri 1 Purwojati.

    • Pastinya Mas, mohon do’a nya. amiin YRA.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: