Oleh: Admin | November 11, 2012

UPACARA HARI PAHLAWAN

UPACARA HARI PAHLAWAN

   

Sebagai implementasi dalam pendidikan Bela Negara di sekolah, upacara bendera merupakan ajang/wahana menanamkan karakter karakter luhur kepada seluruh warga sekolah, terutama pada peserta didik.

Dalam ranka memperingati “Hari Pahlawan” yang ke 67, diselenggarakan upacara pengibaran bendera dengan pembina upacara oleh Kepala Sekolah, yang diikuti oleh seluruh warga sekolah, Guru, karyawan dan seluruh siswa.

Hal – hal penting yang disampaikan Pembina Upacara (kepala Sekolah) melalui amanat nya antara lain:

Sebab meletusnya perang pada tanggal 10 Nopember 1945 di Surabaya, phak siapa saja yang bertikai saat itu, siapa saja yang mendukung dan mengorbankan jiwa raganya untuk mempertahankan dan merebut kembali kemerdekaan 17 Agustus 1945, siapa yang disebut dengan pahlawan.  Tetapi yang lebih penting lagi juga disampaikan tentang ciri-ciri dari pahlawan yang merupakan karakter-karakter bangsa indonesia yang sangat luhur untuk dapat ditiru dan diteruskan oleh para generasi penerus bangsa dalam mengisi kemerdekaan di negara Indonesia yang kita cintai.

Karakter-karakter luhur itu antara lain :

  1. Rela berkorban yang dicontohkan para pahlawan bangsa dengan pengorbanan harta, jiwa dan raganya demi kedaulatan negara Republik Indonesia
  2. Pantang menyerah, walaupun dengan senjata dan perlengkapan perang dan perjuangan yang seadanya (sangat sederhana), para pahlawan dengan gigih dan kemauan keras untuk terus maju melawan penjajah, walaupun telah begitu besar jiwa dan raga yang gugur dalam medan perang, tetapi tidak menyurutkan semangat para pejuang
  3. Tanpa pamrih, dengan ketulusan dan ikhlas, para pahlawan melakukan perjuangan.  Mereka tidak butuh pujian, bayaran, penghargaan dan apapun, tetapi mereka hanya berpikir, hidup atau mati, kemerdekaan, kedaulatan Bangsa Indonesia harus ditegakkan di bumi pertiwi.
  4. Percaya pada kemampuan sendiri, tidak menggantungkan kepada pihak lain. Hal ini dapat diwujudkan dengan menghargai jerih payah bangsa sendiri,  mencintai produk dalam negara sendiri, dan bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita danmenjadi bangsa yang terhormat.
  5. Kesetia-kawanan sosial.  Perjuangan para pahlawan hanya bersandar pada kekuatan Allah SWT dan Cita cita luhur, tidak ada dalam benah para pahlawan utnuk mendapatkan imbalan, pangkat atau jabatan. Semua saling bahu-menbahu, totlong-menolong dalam berjuang sesuai dengan kemampuan masing-masing dan bidangnya.  Satu tekat, satu semangat ”bangsa yang berdaulat dan merdeka”
  6. Menegakkan tetap kokohnya Pancasila sebagai ideologi bangsa dan dasar negara Indonesia
  7. Memegang erat semboyan “Bhineka Tunggal Ika” sebagai semboyan demi tegaknya dan kejayaan “Negara Kesatuan Republik Indonesia” yang merupakan negara kepulauan dari Sabang sampai Merauke dengan tetap disatukan oleh berkibarnya Sang Merah Putih diseluruh wilayah NKRI.
  8. Menanamkan karakter-karakter luhur bangsa ke dalam dada setiap insan Indonesia untuk diwujudkan kedalam konteks kehidupan sehari-hari dalambermasyarakat, berbangsa dan berngara, sehingga bangsa Indoensia menjadi bangsa yang Madani dan disegani oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

BERIKUT GAMBAR UPACARA HARI PAHLAWAN

DI SMK NEGERI 1 PURWOJATI TH 2012

   

    

   


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: