VISI, MISI

A. Visi

Mempersiapkan SDM yang bertaqwa, berakhlak mulia, memiliki kompetensi dalam persaingan global dan memiliki kepedulian terhadap upaya-upaya pelestarian lingkungan

B. Misi

1.    Memberikan bekal kemampuan dan sikap kerja sesuai tuntutan lapangan kerja/DUDI.

2.    Memberikan bekal keterampilan dan keahlian serta kemauan yang kuat agar selaras dengan perkembangan teknologi dan perubahan pasar kerja.

3.    Memberikan bekal kemampuan pengembangan diri secara berkelanjutan.

4.    Memberikan bekal kemampuan dan kemauan untuk mandiri.

5.    Mewujudkan kelembagaan dan warga sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan

C. Tujuan dan sasaran organisasi

1.   Tujuan

Tujuan yang ingin dicapai adalah menghasilkan tamatan yang produktif, adaptif, dan kreatif  sehingga mampu berkompetisi dan mengembangkan diri dalam memilih karir.

2.    Sasaran

a. Terselenggaranya sistem penerimaan siswa baru yang transparan dan akuntabel.

b. Terselenggaranya kegiatan diklat yang efektif dan efisien.

c. Terselenggaranya koordinasi dan kerjasama yang sinergis antara sekolah dan industri.

d.  Terselenggaranya administrasi pendidikan yang efektif dan efisien.

e. Terbentuknya SMK Negeri Purwojati sebagai pusat informasi teknik, busana dan pemasaran yang handal.

f.  Terselenggaranya unit produksi yang handal dan produktif

g.  Terwujudnya sekolah model berbudaya lingkungan.

h.  Tersedianya  tamatan  yang memiliki  keunggulan kompetitif di pasar bebas.

C.Kata Bijak

  • Tidak ada anak yang tidak bisa dididik, yang ada guru yang tidak bisa mendidik
  • Tidak ada guru yang tidak bisa mendidik, yang ada kepala sekolah yang tidak bisa membuat guru bisa mendidik   (Prof. Ibrahim Bafadal)

D. Program

PROGRAM KERJA SMKN 1 PURWOJATI UNTUK 5 TAHUN KE DEPAN 2010 S/D 2014 Sbb :

  1. Mengembangkan kurikulum /KTSP SMK negeri 1 Purwojati berbasis kompetensi dan  bermuatan PLH.
  2. Peningkatan kualitas pembelajaran.
  3. Pengembangan atau penyusunan rencana pembelajaran.
  4. Pengembangan struktur organisasi lengkap dengan mekanisme dan deskripsi tugas.
  5. Penyempurnaan rencana strategik.
  6. Pengembangan sistem informasi manajeman dan internet (TI).
  7. Pelaporan akuntabilitas kinerja.
  8. Pemenuhan tenaga guru dan nonguru.
  9. Peningkatan kualitas kompetensi.
  10. Peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dan tekno;ogi informasi(TI).
  11. Pemenuhan kebutuhan ruang praktik untuk program studi keahlian.
  12. Pemanfaatan fasilitas pendidikan dan pelatihan (diklat).
  13. perawatan dan pemeliharaan fasilitas pendidikan dan pelatihan (diklat).
  14. Peningkatan sumber pembiayaan sekolah.
  15. Pengembangan unit produksi sekolah.
  16. Peningkatan efisiensi dan efektivitas pengelolaan dana.
  17. Pengembangan sistem penerimaan siswa baru/penerimaan peserta didik.
  18. Peningkatan kualitas NUN.
  19. Pengembangan model penelurusan tamatan.
  20. Meningkatkan dukungan masyarakat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas SMK Negeri 1 Purwojati.
  21. Penataan dan pemeliharaan lingkungan sekolah (gedung dan infrastruktur), penghijauan lahan, pembuatan jalan lingkar di lahan SMK N 1 Purwojati.
  22. Peningkatan gerakan K7 dan pendidikan lingkungan hidup.
  23. 23. Penciptaan lingkungan kondusif untuk bekerja

KEGIATAN

1. a. Sosialisasi standar kompetensi nasional Indonesia (SKNI) per program studi keahlian

b. Sosialisai kurikulum dan evaluasi pelaksanaannya

c. Sinkronisasi SKNI dengan kurikulum

d. Identifikasi kebutuhan kompetensi DU/DI sesuai program studi keahlain.

2. Analisis kebutuhan pelanggan terhadap program diklat.

3. Penyusunan program pembelajaran per program studi keahlian.

4. Penyusunan struktur organisasi sesuai kebutuhan, lengkap dengan mekanisme dan deskripsi kerja.

5. Menyempurnakan/memperbaiki rencana strategik.

6. a. Menganalisis kebutuhan fasilitas.

b. melengkap fasilitas SIM dan internet.

7. a. Membentuk tim pelapor

b. Mengumpulkan bahan-bahan / dokumen yang diperlukan untuk menyusun laporan akuntabilitas

c. Menyusun laporan akuntabilitas kinerja.

8. a. Melakukan analisis kebutuhan tenaga (guru dan nonguru)

b. Mengklasifikasikan tenaga guru dan nonguru berdasarkan bidang keahlian.

c. Mengadakan rekruitmen tenaga sesuai kebutuhan

9. a. Mengirim atau menyelenggarakan pelatihan pelatihan guru dengan sertifikasi nasional sesuai dengan bidang keahlian.

b. Magang industri bagi guru.

10. a. Mengikut sertakan guru / tenaga kependidikan dalam diklat bahasa Inggris.

b. Mengikut sertakan guru / tenaga kependidikan dalam diklat TI.

11. a. Menganalisis kebutuhan ruang praktik untuk program studi keahlian

b. Melakukan studi kelayakan untuk penambahan ruang praktik.

c. Mengadakan perabot untuk ruang praktik program studi keahlian.

12. a. Menghitung use faktor peralatan praktik

b. Membuat kartu penggunaan peralatan praktik diklat

13. a. Melakukan perbaikan dan pemeliharaan gedung

b. Melakukan perbaikan dan pemeliharaan fasilitas komunikasi

14. a. Melakukan penggalian sumber-sumber pendanaan dari masyarakat orangtua.

b. Mengupayakan penggalian / penggalangan dana dari masyarakat melalui unit produksi

c.Mengupayakan dana dari Pemda d.Mengupayakan dana dari Dikmenjur

15.  a.Menata organisasi unit produksi sekolah

b.Meningkatkan frekwensi kegiatan UP yang sudah berjalan

c.Menganekaragamkan kegiatan UP

16.  a.Mengalokasikan dana sesuai dengan skala prioritas.

b.Menyusun laporan penggunaan dana sesuai dengan peraturan yang berlaku

17.  a.Menyusun pedoman PPD

b.Mengembangkan perangkat seleksi PPD

c.Melaksanakan seleksi PPD

18. a. Memotivasi siswa untuk selalu belajar

b.Menambah jam tatap muka untuk mata diklat

19. a.Mengembangkan model penelusuran tamatan

b.Menyurun program penelusuran tamatan

c.Mendokumentasikan format  penelusuran tamatan

20.  Menjalin hubungan kerjasama dengan masyarakat, orangtua, DU/DI dalam rangka peningkatan kualitas

SMK Negeri 1 Purwojati.

21.  Menata dan memelihara bangunan gedung dan infrastruktur, menanam tanaman penghijauan dan tanaman

langka, membuat penampungan air/waduk buatan serta membuat jalan lingkar di lahan SMK N 1 Purwojati.

22.  Meningkatkan pelaksanaan gerakan K7 (keamanan, kebersihan, ketertiban, kekeluargaan, keindahan, kesehatan

dan kerindangan) dan pendidikan lingkungan hidup.

23. Menjalin komunikasi antar warga yang sejuk secara fisik dan psikologis.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: