DO’A

Arti Sebuah Do’a

berdoa 

Apalah arti sebuah doa? Mungkin itu pertanyaan yang sering dilontarkan oleh para penganut paham materialis. Mereka tidak percaya bahwa doa merupakan salah satu elemen penting penunjang keberhasilan seseorang. Bagi kita yang beriman kepada Allah dan hari akhir tentu yakin bahwa doa memiliki andil besar atas keberhasilan dan kesuksesan seseorang.

Intinya orang yang masih mau berdoa, yakin adanya kekuatan di luar kendali segala upaya manusia. Bahkan kekuatan itu sangat dominan. Keyakinan itulah yang disebut iman. Orang yang mau berdoa berarti ia yakin akan kekuasaan mutlak Allah. Disinilah kemudian do’a menjadi sebuah bentuk pelibatan Allah dalam segala aktifitas. Allah dijadikan sebagai sandaran melakukan semua amalan. Sebelum berbuat tidak lupa minta bimbingan dan restu-Nya. Akhirnya bila berhasil ia bersyukur, dan jika gagal dan salah ia beristighfar.

Disinilah pemahaman akan arti doa dan keterlibatan Allah mengantarkan seseorang menemukan kelapangan dalam beraktifitas. Ia tidak stress dan putus asa ketika gagal dan juga tidak sombong ketika berhasil. Ia tampil sebagai sosok yang berbeda dan unik. Dalam sebuah ayat disebutkan: “Dan apabila Kami berikan kesenangan kepada manusia niscaya berpalinglah dia: dan membelakang dengan sikap yang sombong; dan apabila dia ditimpa kesusahan niscaya dia berputus asa.” (Al Isro’: 82)

Adanya do’a menunjukkan bahwa seorang hamba membutuhkan keberadaan Allah. Allah ditempatkan pada posisi penentu segala hal, tidak diabaikan atau malah ditinggalkan. Karena itu wajib bagi setiap hamba menghindarkan diri dari sikap seolah-olah Allah sudah pension atau sudah tidak dibutuhkan lagi.

Kerja Sesederhana apapun akan berdampak luas manakala Allah sudah memberi restu. ini barangkali yang terlupa dan terabaikan oleh kita. Dalam beraktivitas seolah-olah kesuksesan itu ditentukan oleh ketepatan strategi dan taktik. keberhasilan seolah-olah ditentukan oleh dukungan fasilitas dan terpenuhinya logistik. Kita lupa bahwa yang menetukan segala kesuksesan itu adalah Allah. Kita lupa berdoa dan berdzikir pada-Nya.

Ingatlah firman Allah “Dan apabila hamba-hamba-Ku memeohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (Al-Baqarah: 186).

MENGAPA DO’A KITA SERING TIDAK DIKABULKAN ?

Ada sebuah nasehat mengapa do’a tidak dikabulkan Allah SWT, berikut kisahnya :

Ibrahim bin Adham, seorang ulama yang zuhud dan wara’, ditanya tentang firman Allah ta’ala yang artinya, “Berdoa’alah kepada-Ku niscaya Aku akan mengabulkan do’a kalian.” (QS. Ghafir: 60). Mereka mengatakan, “kami telah berdoa kepada-Nya namun belum juga dikabulkan”. Lalu beliau menjawab, “Karena hatimu telah mati dengan sebab sepuluh perkara:

  1.  Kamu telah mengenal Allah tetapi kamu tidak menunaikan hak-hak-Nya.
  2. Kamu telah membaca kitab Allah tetapi kamu tidak mengamalkannya.
  3. Kamu mengatakan bermusuhan dengan syaitan, tetapi kenyataannya kamu setia dengannya.
  4. Kamu mengaku cinta Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam tetapi kamu meninggalkan sunnah-sunnah-Nya.
  5. Kamu mengaku cinta surga, namun kamu tidak melakukan amalan-amalan ahli surga.
  6. Kamu mengaku takut neraka, tetapi kamu tidak mau meninggalkan perbuatan dosa.
  7. Kamu mengatakan bahwa kematian itu adalah benar adanya, tetapi kamu tidak bersiap-siap untuk kematian itu.
  8. Kamu sibuk mencari aib orang lain sedang aibmu sendiri tidak kamu perhatikan.
  9. Kamu telah makan dari rizki-Nya namun kamu tidak pernah bersyukur kepada-Nya.
  10. Kamu sering mengubur orang mati, tetapi kamu tidak pernah mengambil pelajaran darinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: